, Artikel, Edukasi, Inspiration, motivation

SPEED READING: CARA MENYERAP INFORMASI DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF

Kamu harus menyampaikan tiga laporan tentang studi pasar besar kepada manajermu besok siang. Kamu punya setumpuk informasi untuk dibaca, dan jam terus berdetak. Tidak mungkin kamu meminta tambahan waktu, tapi kamu harus tahu paling tidak dasar dari informasi yang harus kamu presentasikan. Mulai panik?

Yang harus kamu lakukan adalah mereview materi dengan cepat dan masih menyimpan informasi yang cukup untuk menyusun ringkasan yang baik. Kamu harus bisa membaca dengan cepat.

Pada artikel ini, kita akan belajar tentang keterampilan membaca cepat atau speed reading , dan megeksplorasi teknik yang bisa digunakan untuk membaca dengan lebih baik dan cepat.

 

Apa itu membaca cepat? Membaca cepat adalah proses mengenali dan menyerap frasa atau kalimat dengan cepat pada satu halaman sekaligus. Daripada mengidentifikasi kata satu persatu, membaca cepat mengambil beberapa kata kunci yang ada dalam halaman tersebut untuk merangkai konklusi mengenai isi halaman tersebut.

Kebanyakan orang membaca dengan kecepatan rata-rata 250 kata per menit (wpm). Meskipun beberapa secara alami lebih cepat daripada yang lain, belajar membaca cepat dapat berarti kita dapat menggandakan angka tersebut.

Sekarang kita akan mengeksplorasi beberapa keterampilan yang dapat kamu gunakan untuk mempercepat kemampuan membaca.

 

Semua teknik membaca cepat memiliki satu kesamaan: Hindari mengucapkan dan “mendengar” setiap kata di kepala saat membacanya, suatu proses yang dikenal sebagai “sub-vokalisasi.” lebih baik, kamu “memotong” garis atau grup kata, karena ini dapat membantu memahami kata dengan lebih cepat Salah satu cara untuk menghentikan sub-vokalisasi adalah dengan fokus pada blok kata daripada pada masing-masing individu. Lakukan ini dengan merilekskan wajah dan “melembutkan” atau memperluas pandangan pada halaman, sehingga kamu berhenti melihat kata-kata sebagai unit tunggal yang berbeda. Saat kamu melatih ini, pandanganmu akan melompat lebih cepat melintasi halaman.

Kemudian, ketika mendekati akhir, arahkan pandangan ke rangkaian kata terakhir. Ini akan membantu untuk menghentikan jeda dalam bacaan (seringkali pada titik penuh), yang berarti bahwa kamu memindai melintasi dan ke bawah ke baris berikutnya lebih cepat.

 

Sekarang mari kita lihat tiga metode untuk meningkatkan kecepatan membaca :

1. Metode Pointer
Guru sekolah Utah Evelyn Nielsen Wood adalah salah satu pelopor membaca cepat. Pada tahun 1950-an, ia mengklaim bahwa ia dapat membaca hingga 2.700 wpm jika ia menggunakan jarinya untuk menggaris bawahi tulisan ketika membaca. Ini dikenal sebagai metode Pointer, dan kadang-kadang juga disebut “hand pacing” atau “meta guiding.”

2. Metode Tracker-and-Pacer
Ini adalah variasi dari metode pointer di mana kita memegang pena tertutup, dan menggarisbawahi atau melacak setiap baris saat membacanya, menjaga posisi pandangan mata di atas ujung pena. Ini akan membantu meningkatkan kecepatan membaca dalam setiap baris, dan meningkatkan fokus pada kata-kata.

Cobalah untuk menghabiskan tidak lebih dari satu detik di setiap baris dan kemudian tingkatkan kecepatan dengan setiap halaman berikutnya. Pada awalnya mungkin kamu akan merasa informasi yang kamu simpan sangat sedikit, namun dengan latihan yang rutin pemahamanmu akan meningkat dengan pesat. Keuntungan dari metode pointer dan tracker-and-pacer adalah bahwa mereka harus mengurangi kebutuhan untuk melompat mundur dan membaca ulang – hambatan untuk membaca cepat yang dikenal sebagai “regresi.”

3. Metode Scanning (or Previewing)
“Pemindaian” melibatkan menggerakkan mata dengan cepat ke bawah halaman – seringkali di tengah – dan mengidentifikasi kata dan frasa tertentu. Ini bisa berupa kalimat kunci (seringkali kalimat pertama dari setiap paragraf), nama, angka, atau pemicu kata dan ide. Belajar untuk memperluas visi periferal dapat membantu dalam hal ini. Kita tidak akan membaca setiap kata, tetapi pandanganmu akan melihat apa yang penting untuk memungkinkan kamu memahami ide dasar dari halaman tersebut. Menggunakan Mind Map untuk mengatur informasi yang kamu dapat bisa membantu.

 

Semua teknik ini dapat membantu untuk membaca lebih cepat, tetapi apakah itu sesuai untuk apa yang ingin kalian capai? Membaca cepat yang efektif adalah keseimbangan antara kecepatan dan pemahaman. Penelitian telah menemukan bahwa semakin cepat membaca, semakin sedikit informasi yang dterima, terutama ketika mengingat detail. Jadi, membaca cepat jelas bukan jawaban jika kamu membaca dokumen hukum atau teknis yang rumit, bahkan jika kamu terdesak waktu. Demikian pula, akan masuk akal untuk melambat jika materi yang dibaca itu baru atau asing, atau jika kamu harus mengajarkannya kepada orang lain. Namun, ketika kita hanya perlu memahami argumen atau kesimpulan dasar yang disajikan, menggunakan teknik membaca cepat sangat direkomendasikan.

Secara umum, jika ingin mengingat sesuatu, kita harus membaca dengan lambat, kurang dari 100 wpm. Tingkat belajar normal adalah 100-200 wpm, dan untuk pemahaman adalah 200-400 wpm. Membaca cepat biasanya dilakukan pada kecepatan sekitar 400-700 wpm. Apa pun di atas 500-600 wpm berarti mengorbankan pemahaman, meskipun ini bervariasi dari orang ke orang.

 

Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca bukan hanya dengan mengetahui “bagaimana” dan “kapan” membaca cepat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca cepat:

  • Hindari gangguan. Ciptakan lingkungan di mana hanya ada sedikit interupsi dan gangguan, untuk memungkinkan kamu fokus penuh pada kata-kata di depan kalian.
  • Banyak membaca. Baca novel yang tidak rumit atau artikel online sederhana untuk mengetahui teknik mana yang paling cocok untukmu. Ukur seberapa banyak yang kamu ingat atau pahami, dan atur timer untuk melihat seberapa cepat kamu membaca sekarang.
  • Tutupi kata-kata yang sudah dibaca. Ini membantu menghentikan mata untuk kembali ke kata-kata sebelumnya dan memperlambat alur membaca.
  • Ketahui apa yang kamu inginkan dari teks. Ini bisa berguna jika kamu menggunakan metode membaca sekilas, karena itu akan membuat kamu lebih awas ketika melihat kata, kalimat, atau frasa yang relevan.
  • Catat prosesmu. Dengan cara ini kamu dapat mengetahui apakah latihan ini membuahkan hasil.
  • Berlatih, berlatih, berlatih. Kamu harus berlatih membaca cepat untuk menjadi ahli. Semakin banyak melatih diri, kamu akan melakukannya dengan natural dan tanpa beban.

Post Your Thoughts

Close

DAFTAR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.