, Artikel, Inspiration, karir, motivation

Office Party : Mempererat Tali Silaturahmi & Berkoneksi

Sesuai pepatah “tak kenal maka tak sayang”, itu sebabnya hampir semua perusahaan memiliki agenda acara kumpul bersama. Ketika seseorang menemukan koneksi pribadi atau membangun kepentingan pribadi untuk sesuatu, terutama pekerjaan, produktivitas mereka meningkat secara instan dan terus berada di titik yang tinggi.

Dan ruang kerja bersama, sebagai wadah bagi start-up dan pekerja mandiri, juga perlu mengadakan acara kumpul bersama antara manajemen dan para pengguna jasa. Keharmonisan antar pengguna ruang kerja bersama dapat memiliki efek yang besar, mulai dari peningkatan rasa aman dan nyaman, serta rasa kekeluargaan dan rasa kepemilikan (sense of belonging).

Berikut adalah 5 alasan mengapa acara kumpul bersama (office party) adalah hal yang penting dalam lingkungan kerja:

  1. Memberi rasa kebersamaan. Terkadang ada rasa canggung dan segan diantara pengguna fasilitas ruang kerja bersama. Entah karena berbeda ruangan, atau memang tidak ada kesempatan untuk saling sapa. Dengan acara ini, diharapkan semua orang bisa saling berkenalan dan mulai berkoneksi.
  2. Menjalin hubungan. Bukan hanya secara profesional tapi juga secara personal, dimana yang tadinya hanya orang asing yang sering bertemu di tempat kerja bisa menjadi teman. Dengan ikatan personal, sekecil apapun, kita akan merasa lebih nyaman dengan keberadaan orang tersebut di lingkungan sekitar. Selain itu, dengan ikatan personal, atmosfir yang tadinya kaku bisa menjadi lebih hangat dengan hal kecil seperti senyum atau tegur sapa ringan yang tidak canggung.
  3. Relaksasi dan mengurangi stress. Manusia adalah makhluk rutinitas, dimana kita lambat laun akan mengasosiasikan kebiasaan dengan emosi tertentu. Apabila lingkungan kerja hanya bisa diasosiasikan dengan pekerjaan menumpuk dan deadline, lambat laun ruang kerja menjadi tempat yang tidak ingin dikunjungi. Dengan memutuskan rantai kebiasaan tersebut, kita dapat merubah mindset tentang ruang kerja tersebut. Dimana mereka bisa bertemu dengan teman yang seru atau berkoneksi dengan orang baru.
  4. Pesan positif bagi rekanan dan masyarakat pada umumnya. Dengan acara kumpul bersama, ruang kerja bersama dapat membangun kesan yang baik bagi orang lain, dimana dengan menunjukkan kebersamaan pengguna dan juga kekeluargaan yang dimiliki membuat tempat tersebut terlihat lebih nyaman dan dapat menarik orang untuk datang dan merasakan pengalaman itu sendiri. Selain itu, orang akan mendapat kesan bahwa ruang kerja kita memiliki perhatian lebih akan kondisi pengguna dan pelanggannya.
  5. Ajang diskusi bagi kemajuan bersama. Orang yang bisa memberikan umpan balik akurat adalah yang sudah pernah menggunakan jasa kita. Dengan nuansa yang menyenangkan dan santai, akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan masukan atau umpan balik yang jujur akan hal-hal yang terjadi di lingkungan kerja. Selain itu, penyelenggara juga bisa mendapatkan masukan akan kegiatan atau hal yang membuat pertemuan-pertemuan selanjutnya menjadi lebih menyenangkan.

Ajang kumpul-kumpul dilakukan oleh perusahaan dan pemberi kerja agar terjadi keseimbangan dalam kehidupan kerja kita. Dan tidak ada salahnya untuk datang dan bertemu dengan orang baru bukan?

Post Your Thoughts

Close

DAFTAR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.