, Artikel, cooking, Inspiration, motivation

COOKING : Manfaat Belajar Mengolah Makanan Sendiri

Makanan adalah salah satu aspek terbesar dari suatu budaya. Makanan bahkan telah masuk ke budaya pop. Tidak jarang kita ingin mencoba resep yang diperlihatkan atau mengambil saran dari real life chef yang kita tonton. Namun, banyak dari kita yang berhenti di kata “ingin” dan bahkan tidak terpikir untuk mencoba karena merasa tidak mampu. Kemampuan mengolah bahan makanan merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki semua orang, apalagi bagi mereka yang tinggal mandiri. Mengetahui cara memasak sangatlah penting karena, seiring bertambahnya usia, kita tidak selalu berada di sekitar orang yang bisa membuatkan makanan padahal makan adalah salah satu kebutuhan utama tubuh kita. Keterampilan mengolah bahan makanan juga dapat membantu kita disaat kritis seperti di tengah bencana atau ketika tersesat di hutan; kita dapat mengenali bahan makanan yang edible dan menghindari yang berbahaya bagi tubuh. Ada banyak manfaat dari mengolah bahan makanan sendiri seperti bahan dan cara masak yang lebih terjamin dan higienis. Serta, memasak sendiri di rumah dapat membantu menghemat anggaran rumah tangga.

Ingin mengembangkan kemampuan memasakmu? MULA punya tips untuk kalian!

  • Siapkan peralatan dasar seperti panci, penggorengan, dan peralatan memasak lainnya. Akan lebih baik kalau membeli peralatan yang versatile, seperti penggorengan multi guna yang bisa digunakan untuk menggoreng, merebus, hingga mengukus. Dengan begitu kamu tidak akan kesusahan menyimpan banyak peralatan masak, dan lebih mudah bersih-bersihnya.
  • Siapkan resep yang mudah diikuti dengan bahan-bahan yang ekonomis seperti membuat sajian berbahan dasar telur, atau masakan yang bisa dibuat dengan bumbu cepat saji. Dengan demikian, kamu dapat memperkecil kemungkinan masakanmu gagal atau memiliki rasa yang kurang sedap.
  • Cari resep masakan kesukaanmu atau orang yang kamu sayang dan coba membuatnya. Dengan memasak resep yang familiar dan sering kamu makan, kamu akan lebih mudah menilai rasanya. Selain itu, memasak makanan kesukaan bisa menjadi motivasi untuk terus berusaha membuatnya sempurna.
  • Internet is your friend, jangan pernah ragu untuk mencari semuanya online. Kamu bahkan bisa menemukan tutorial merebus air di youtube! Cari akun-akun yang reliable dan terpercaya, ikuti langkah-langkah yang mereka berikan. Setelah jadi, nantinya kamu bisa bereksperimen sendiri untuk menyesuaikannya dengan seleramu.
  • Tajamkan pisau dapur dan peralatan memotongmu. Bekerja dengan peralatan yang tajam akan mempermudah pengalaman memasakmu. Bayangkan memotong daging dengan pisau yang tumpul, belum apa-apa pasti sudah ingin menyerah. Jangan pernah menggunakan peralatan memotong yang tumpul, selain berbahaya untuk keselamatan diri (gagang patah karena kita memakai terlalu banyak tenaga, sampai presisi yang meleset sehingga beresiko lepas dari tangan), bekerja dengan peralatan yang kurang memadahi juga membuat kita membuang tenaga dengan percuma.
  • Relax dan sesuaikan ekspektasi. Jangan pernah berharap untuk dapat membuat makanan seindah restoran pada percobaan pertama. Bahkan chef seperti Gordon Ramsay juga pernah mengalami kegagalan, jadi jangan pernah berkecil hati. Catat peningkatan kemampuanmu dengan langkah-langkah kecil seperti apakah masakanmu memiliki tekstur yang tepat, atau memiliki keseimbangan rasa yang lebih baik. Penampilan visual dari masakan adalah hal kesekian dalam belajar memasak karena yang seharusnya menjadi perhatianmu adalah bagaimana rasa masakan tersebut.

Bagaimana Sobat MULA? Semoga artikel pendek ini dapat membantu ya!

Post Your Thoughts

Close

DAFTAR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.