LIFE WORK BALANCE: PENTINGNYA MENGATUR PRIORITAS HIDUP

Apakah sobat mula masih merasa bingung mengenai apa yang harus sobat lakukan atau butuhkan untuk menjalani hidup ? Atau sobat masih bingung harus melakukan kegiatan yang mana dulu, dari sekian banyak aktivitas sobat ?

Ada sebuah kalimat bijak dari Lee Lacocca “Jika Anda ingin memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin, Anda harus mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas Anda dan melakukan hal yang terbaik untuk mencapainya.”

Maksudnya, dalam memanfaatkan waktu selama 24 jam dalam sehari, pilihlah aktivitas yang sekiranya sangat bermanfaat dan menjadi prioritas bagi kita, sehingga dalam waktu 24 jam yang telah dilakukan tidak menjadi sia-sia dan waktu yang digunakan terlihat menjadi produktif dan bermanfaat.

Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa 24 jam dalam sehari itu tidaklah cukup. Dengan banyaknya aktivitas seringkali bertabrakan, baik itu urusan pekerjaan, pendidikan, keluarga, sobat akan merasa keteteran untuk mengatur waktu. Walaupun sudah memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, tetapi tetap saja banyak hal penting yang terlewatkan.

Pengertian dari prioritas hidup sendiri adalah sesuatu hal yang dianggap paling penting dalam kehidupan. Maka dari itu prioritas hidup seseorang berbeda-beda, dilihat dari menentukan target, tujuan atau impian yang menjadikannya berbeda satu sama lain.

Tujuan dari sebuah prioritas adalah untuk membantu sobat mula mencapai hasil yang terbaik dengan upaya yang sesuai dengan waktu yang singkat. Lalu bagaimana caranya untuk memaksimalkan waktu agar semua kewajiban bisa dilakukan dan bagaimana dengan tugas yang sulit, yang membutuhkan perhatian khusus atau jumlah tugas yang banyak, sehingga sobat bingung mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, karena merasa semua tugas sama pentingnya.

Jawabannya adalah dengan mengatur skala prioritas untuk hal yang akan sobat selesaikan dalam sehari. Seiring dengan bertambahnya usia kita, maka skala prioritas hidup menjadi hal yang penting agar kita semakin terarah. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan supaya sobat bisa menjalankan hal-hal penting dalam hidup.

Cari tahu yuk cara mengatur prioritas dalam hidup, berikut beberapa cara yang bisa sobat mula lakukan:

  1. Membuat Daftar Hal-Hal Penting yang Harus Dilakukan 

Membuat catatan penting. Dengan membuat daftar yang harus dikerjakan lebih dahulu, supaya sobat tidak lupa apa saja yang termasuk prioritas dalam hidup. Buat secara tertulis, dikertas, papan tulis atau lainnya, dibuat dengan menggunakan model kuadran waktu, yang dimana bisa membantu sobat dalam mengemas lebih banyak hal-hal yang penting.

Kuadran waktu ini terdiri dari dua unsur utama yaitu “penting” dan “mendesak”. Dengan catatan ini, sobat tidak akan tersesat karena sudah memiliki panduan dalam menjalani hidup. Dari kuadran ini sobat bisa mendahulukan prioritas. Pekerjaan mana yang harus didahulukan dan mana yang tidak.

  1. Fokus Dengan yang Utama

Jika sudah menemukan mana saja daftar pekerjaan yang menjadi prioritas utama sobat, maka sobat harus memfokuskan pekerjaan sesuai dengan pentingnya pekerjaan tersebut.

  1. Mengikuti Daftar Secara Teratur

Daftar pekerjaan sudah dibuat maka tinggal mengikuti daftar tersebut secara teratur dan disiplin, sehingga apa yang menjadi prioritas sobat bisa dikerjakan lebih dahulu.

  1. Tentukan Target. Bisa dilakukan Harian, Bulanan atau Tahunan

Setelah menuliskan apa saja yang harus dicapai, tentukan juga target kapan hal-hal tersebut bisa tercapai. Sobat juga bisa memberikan reward kalau target tercapai ataupun hukuman kalau kamu tidak bisa mencapai target.

  1. Belajar Hal Baru yang Bersifat Positif

Di sela-sela menyelesaikan prioritas dalam hidup, yuk coba untuk banyak belajar hal baru. Hidup seorang manusia akan lebih berguna kalau bertambah ilmu setiap harinya

  1. Sediakan Waktu Luang Untuk Diri Sendiri

Tidak ada salahnya untuk me time. Semua yang sobat lakukan untuk memenuhi berbagai prioritas dalam hidup bisa jadi menguras tenaga. Santai sedikit dan berilah waktu agar tubuh sobat beristirahat ya.

Prioritas hidup begitu penting sehingga perlu diperjuangkan. Prioritas hidup menentukan apa yang membentuk hidup sobat. Ini bisa jadi dipengaruhi pengalaman hidup, cara pandang, pola asuh dalam keluarga dan sebagainya. Namun prioritas hidup adalah sebuah keputusan. Sangat penting untuk kita dalam mengatur waktu dan mendahulukan prioritas. Belajar menghargai waktu dan konsisten dengan apa yang ingin dicapai adalah kunci agar semua prioritas dalam hidup kita tercapai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *