, Inspiration, motivation

POLA HIDUP SEHAT UNTUK BEKAL DI MASA TUA

Kesehatan merupakan modal utama kita dalam beraktifitas sehari-hari. Namun, hal ini juga yang terkadang selalu kita nomor duakan dalah kehidupan kita. Untuk menjaga agar tetap bugar, tentunya kita harus menjaga pola hidup dengan baik. Seperti apa sih pola hidup yang sehat? Yuk simak artikel dibawah ini!

Pola hidup sehat adalah sebuah cara yang dilakukan manusia untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani melalui makanan dan rutinitas kegiatan sehari-hari. Beberapa cara untuk menerapkan pola hidup sehat adalah :

  • Menjaga asupan makanan dan minuman. Makanan merupakan hal yang sangan penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Makanan dapat memberi kita nutrisi, tenaga, dan segala hal yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi. Namun, makanan juga bisa menghancurkan tubuh kita. Makanan yang tinggi akan lemah, gula, garam, serta bahan kimia seperti pengawet makanan sintetis dalam jangka waktu yang lama akan merusak tubuh kita dari dalam. Berbagai macam penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas merupakan hal yang biasa ditemui pada orang yang banyak mengkonsumsi zat-zat diatas. Usahakan perbanyak memakan hidangan berbahan dasar segar (bukan makanan kering atau kaleng),perbanyak memakan buah, sayur, dan kacang-kacangan, serta perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas per hari. Perhatikan juga porsi dan keseimbangan makanan; 4 sehat 5 sempurna bukan hanya sekedar pelajaran sekolah dasar lho!
  • Istirahat dengan cukup. Dengan kepadatan aktifitas kita di sekolah atau di kantor, terkadang istirahat bukanlah sebuah pilihan. Nyatanya beristirahat dengan teratur dan terjadal dapat membuat kita menjadi lebih bugar dan siap menghadapi hari berikutnya. Apabila tidur 8 jam tidak memungkinkan, bagi menjadi jam istirahat / tidur siang (power nap). Atur waktu kerja dengan baik, sehingga kehilangan waktu istirahat bisa dihindari. Work smarter, not work harder!
  • Berolahraga & latihan pernafasan. Poin ini adalah poin paling sulit bagi semua orang. Mengapa? Karena mendengar kata olahraga pasti diasosiasikan dengan kegiatan di luar rumah, atau di gym dengan banyak orang asing. No. Kita bisa juga berolahraga di rumah, bahkan tanpa meninggalkan tempat duduk kita di kantor. Olahraga pun tidak perlu waktu berjam-jam, hanya perlu 10-15 menit sehari untuk bergerak. Latihan meditasi dan pernafasan juga dapat membantu kita untuk melepas kepenatan. Ketika memiliki waktu lebih, kita bisa berjalan-jalan mengelilingi kompleks rumah, atau mengikuti video workout gurus di Youtube. Ada banyak jalan menuju Roma, pertanyaannya, kapan kita akan berangkat kesana?
  • Love Yourself. Mencintai diri sendiri merupakan hal yang paling penting dalam perjalanan ini. karena, bila kita mencintai diri sendiri pastinya tidak mau melakukan hal yang dapat membuatnya rusak. Oleh karena itu self love sangat penting. Kita melakukan ini agar tubuh kita tetap sehat, fit, dan bugar hingga usia tua nanti.

Semoga artikel singkat ini dapat menjadi motivasi dan membantu Sobat MULA untuk mulai hidup sehat. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Post Your Thoughts

Close

DAFTAR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.