, About, Coworking

5 Etika Coworking Space yang Wajib Diingat

Apakah Anda seorang pekerja lepas? Atau mungkin Anda seorang pengusaha mandiri? Bekerja mandiri memberikan kebebasan bagi kita untuk mengembangkan diri dan menjalankan usaha kita sesuai dengan yang kita mau. Dengan bantuan ruang kerja bersama atau co-working space, banyak dari pekerja mandiri yang dapat bertemu dan berkolaborasi dengan sesama pekerja yang memiliki keterampilan berbeda-beda.

Saat ini ada puluhan juta orang wiraswastawan di dunia, dan jumlah ini harapkan untuk terus tumbuh. Coworking terbukti lebih dari sekedar tren kekinian sementara. Banyaknya pekerja lepas, dan pengusaha mandiri di Indonesia belakangan ini mendukung tumbuhnya ruang kerja bersama, terutama di kota-kota besar. Ruang kerja bersama akan terus bertambah dalam jumlah dan ukuran.

Dengan semakin banyaknya pengguna ruang kerja bersama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menjaga keharmonisan dan menciptakan ruang kerja yang kondusif.

 

  • Sopan dan Ramah
    Walaupun Anda bekerja sendiri, ruang kerja bersama merupakan sebuah ruang sosial. Tidak ada salahnya untuk melemparkan salam, atau sekedar berbincang dengan pengguna lain ketika sedang menyeduh teh Anda. Gunakan bahasa yang baik dan sopan untuk menghindari kesalahpahaman dan perasaan saling tidak enak.
  • Komunikasi
    Saat Anda bergabung dengan ruang kerja bersama, Anda tidak hanya pergi ke meja kerja untuk bekerja — Anda memasuki komunitas yang dipenuhi dengan wirausahawan, pekerja lepas, dan pemula dari banyak latar belakang. Setiap anggota dapat memberikan perspektif, ide, dan peluang baru. Manfaatkan waktu  dan buat hubungan dengan mereka secara profesional dan sosial. Mungkin Anda akan berakhir dengan mitra bisnis baru, atau teman kerja seprofesi.
  • Jagalah Kebersihan
    Meja Anda pada hari Senin bisa menjadi kekacauan anggota lain pada hari Selasa. Meninggalkan jejak kopi pagi, catatan panggilan konferensi, dan sisa makan siang Anda mengganggu dan ketidaknyamanan bagi orang lain yang memanfaatkan ruang kerja bersama. Menjaga daerah Anda bersih dan terorganisir tidak hanya akan membantu sesama anggota ruang kerja Anda, tetapi juga meningkatkan produktivitas Anda sendiri.
  • Gunakan Suara Dalam Ruangan
    Dari ruang konferensi yang luas hingga tata ruang kantor terbuka tradisional, ruang kerja bersama menginspirasi kolaborasi. Namun, etika kerja mengharuskan Anda untuk menyadari volume di mana Anda berbicara dengan anggota lain. Panggilan telepon harus dibawa ke ruang panggilan pribadi dan sesi brainstorming harus dilakukan di belakang pintu ruang konferensi tertutup untuk memastikan fokus anggota lain di ruang tersebut.
  • Dukung Ruang Kerja Anda
    Dimana dan kapan pun Anda bisa, cobalah mengulurkan tangan. Baik itu uraian singkat di media sosial, membantu mengatur ulang beberapa meja baru, atau membereskan meja Anda setelah memakainya. Selain itu, ketika Anda bisa, bantu sesama pengguna ruang kerja bersama mengatasi masalahnya apabila memang hal tersebut merupakan keahlian Anda.


Ruang kerja bersama memiliki kemampuan untuk memaksimalkan semua aspek positif dari tempat kerja tradisional tanpa lingkungan yang steril, korporat, bilik dan birokrasi yang sangat rumit. MULA by Galeria Jakarta menyediakan ruang kerja bersama yang dilengkapi dengan ruang rapat, ruang kelas, hingga auditorium serbaguna yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota dan pengguna jasanya. Dengan menyediakan ragam fasilitas ini, MULA by Galeria Jakarta berharap dapat mendukung kegiatan dan tumbuhnya pengusaha mandiri di sekitar lingkungan usahanya.

Post Your Thoughts

Close

DAFTAR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.