, About, Edukasi, Inspiration

Home Repair : Pentingnya Keterampilan Praktis dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah Sobat MULA menemukan kebocoran kecil di atap, atau retak kecil di dinding yang semakin lama semakin lebar? Atau mungkin tiba-tiba ada rak yang lepas tapi bingung bagaimana cara memasangnya kembali? Tentunya, kejadian – kejadian kecil tersebut sering kita temui dan biasanya, walaupun sebenarnya remeh, kita membutuhkan handyman atau tukang untuk membantu.

Seperti mengendarai mobil sendiri, selain memiliki keterampilan mengemudi, kita juga harus setidaknya tahu dasar-dasar perbaikan dan pemeliharaan. Kita harus tahu jika tanda-tanda tepat di depan mata. Hal yang sama berlaku jika kita memiliki rumah atau tinggal sendiri. Kecuali jika kamu seorang jutawan dengan pembantu rumah tangga yang tersedia 24/7, maka kamu harus tahu cara merawat rumah sendiri. Misalnya, kenop faucet lepas di tengah malam, air tidak berhenti mengalir. Apakah kita harus menunggu sampai hari berikutnya untuk memanggil tukang ledeng atau akankah kita mencoba mengencangkan kenop sendiri? Jika kita bahkan tidak tahu bagaimana melakukannya,pada akhirnya kita akan membuang banyak air dan rumah kita mungkin akan banjir di pagi hari. Lakukan apa yang dapat kamu lakukan sekarang daripada harus menunggu sampai layanan datang.

Let’s think about it this way, basic home repair = first aid help. Tidak harus benar-benar menyelesaikan permasalahan yang ada, namun dapat menunda permasalahan itu sebelum menjadi sesuatu yang serius, sambil menunggu bantuan ahli datang. Namun sayangnya, dengan segala kecanggihan teknologi dan perkembangan jaman, banyak pemuda dan pemudi tidak memiliki keterampilan ini.

Beberapa keuntungan memiliki keterampilan dasar dalam perbaikan rumah adalah:

  • Save money & Time. Hanya untuk mengencangkan pipa yang kendor dan bocor, sepertinya tidak masuk akal untuk menunggu berjam-jam, padahal proses perbaikannya hanya memakan waktu 10 menit. Dengan melakukan perbaikan kecil sendiri, kita tidak perlu memanggil tukang yang tentunya memakan biaya tidak sedikit. Selain itu pengetahuan perbaikan dasar dapat memberikan kita kemampuan untuk memperkirakan prioritas perbaikan dan apakah kerusakan tersebut akan berbahaya bagi penghuni rumah di kemudian hari.
  • No more panicking when emergency come. Pengetahuan perbaikan dasar membuat kita mampu mengatasi atau setidaknya menunda kerusakan menjadi sesuatu yang memiliki potensi membahayakan penghuni rumah. Dengan demikian kita tidak akan merasa panik, karena kita tahu apa yang harus dilakukan. Sedia payung sebelum hujan, itu sangat penting bukan?
  • Comfort. Ketika kita tahu bahwa kita dapat mengatasi permasalahan yang datang, kita akan menjalani hari dengan percaya diri. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk menguasai dasar perbaikan rumah tangga untuk berjaga-jaga.
  • Helping others. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di dalam hidup kita. Terkadang di tengah perjalanan kita akan menemukan orang yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan. Bisa jadi ketika kita sedang berkunjung ke rumah teman atau keluarga, terjadi kecelakaan kecil yang membuat rumah mereka mangalami kerusakan. Dengan memiliki kemampuan perbaikan dasar kita dapat membantu mereka.

Banyak dari kita terlalu meremehkan pentingnya keterampilan dasar ini, padahal kemampuan ini sangat berguna bagi masa depan kita. Beberapa kemampuan perbaikan dasar rumah tangga yang harus kita tahu adalah,

  1. Menambal dinding / drywall.
  2. Memperbaiki pipa bocor.
  3. Memperbaiki toilet.
  4. Mengecat.
  5. Memasang/mengganti lampu.
  6. Mengganti gagang pintu dan kunci rumah.
  7. Mengganti saklar lampu dan soket listrik.
  8. Perbaikan lantai (retak atau pecah)

Nah, bagaimana SobatMULA? Are you up for the challenge?

Yuk belajar ketrampilan praktis, agar tidak selalu bergantung pada orang lain!

Post Your Thoughts

Close

DAFTAR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.