, Artikel, Inspiration, keterampilan, menjahit, motivation, sewing, skill101

BASIC SEWING: Ketika Keterampilan Menjahit Bukan Hanya Untuk Kaum Hawa

Dalam masyarakat kita keterampilan menjahit, biasanya dihubungkan dengan hobi dan pekerjaan untuk kaum hawa. Belajar menjahit juga bukan menjadi hal yang ingin dipelajari oleh kids jaman now. Mungkin kalian familiar dengan film Kingsman: The Secret Service? Tailors atau tukan jahit merupakan salah satu contoh nyata dimana menjahit bukan hanya pekerjaan wanita. Keterampilan menjahit merupakan keterampilan unisex dan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Menjahit tidak hanya bisa diterapkan untuk benda berbahan kain seperti pakaian, namun juga benda-benda rumah tangga seperti sofa, penutup mobil, dekorasi kulit, dan masih banyak lagi.

Beberapa fungsi keterampilan menjahit dalam kehidupan sehari-hari adalah :

  • Memperbaiki pakaian. Poin yang satu ini sudah jelas. Terkadang tidak mudah mencari penjahit yang buka pada jam atau hari tertentu. Mulai dari pakaian yang kebesaran, celana yang terlalu panjang, hingga hal kecil seperti kancing yang hampir lepas dari tempatnya, keterampilan menjahit dapat membantu kita melalui itu semua dengan mudah. Apalagi untuk kita yang suka bepergian, entah untuk dinas atau sekedar traveling.
  • Berhemat. Jasa tukang jahit bisa menjadi sangat mahal, terutama ketika kita bepergian ketempat dimana tukang jahit menjadi sebuah profesi yang cukup bergengsi. Keterampilan menjahit bisa menjadi pundi penghematan. Celana sobek karena tersangkut kawat, lubang kecil di bagian ketiak, atau sekedar membetulkan potongan baju yang terlalu rendah menjadi masalah yang mudah diselesaikan dengan keterampilan ini.
  • Go green. Benar sekali, keterampilan menjahit membuat kita memiliki keterampilan tambahan untuk mengubah benda yang sudah tidak terpakai menjadi benda baru. Misalnya membuat baju yang sudah usang menjadi kerajinan tangan, mengubah tirai jendela yang sudah usang menjadi hiasan pot tanaman gantung, dan lain sebagainya. Dengan keterampilan menjahit, banyak benda yang bisa digunakan ulang dan diperbaiki, sehingga tidak harus dibuang percuma.
  • DIY. Keterampilan menjahit juga penting untuk dasar membuat proyek DIY seperti membuat dompet, dasi, atau strap gitar. Selain itu dengan keterampilan menjahit dasar, kita akan lebih mudah mempelajari cara menjahit pola untuk hiasan/dekorasi.
  • Keadaan darurat. Keterampilan menjahit juga dapat kita gunakan dalam keadaan darurat seperti saat sedang berkemah atau berada di lokasi yang jauh dari peradaban. Teknik dasar menjahit dapat diterapkan untuk membuat anyaman, atau memperbaiki benda yang kita bawa. Ada juga beberapa kasus dimana menjahit dapat membantu ketika menderita luka yang cukup dalam dengan menutup luka tersebut dengan jahitan sementara.

Selain 5 fungsi diatas, menjahit merupakan kegiatan kreatif yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Hal ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu kita melatih konsentrasi dan melatih fungsi otak, terutama untuk lansia yang sudah tidak aktif bekerja. melatih fungsi otak dengan kegiatan seperti menjahit, mengerjakan teka teki, dan kegiatan intelektual seperti membaca atau berdiskusi terbukti dapat mengurangi penurunan kognitif seperti kehilangan ingatan dini.

Ternyata banyak sekali manfaat dari menjahit ya Sobat MULA. Yakin nga mau mulai belajar menjahit nih?

 

 

Post Your Thoughts

Close

DAFTAR

Would you like to see our space before joining? Come and visit our coworking space. Please fill out the form and our manager will get back asap.